Tips Untuk Mengkontrol Tekanan Darah Tinggi

 

Pastikan tekanan darah Anda di bawah 140/90 mm Hg. Jika tekanan sistolik Anda berada lebih dari 140 maka anda sudah mempunyai  tekanan darah tinggi, jika hal tersebut terjadi konsultasikan kepada dokter Anda apa yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah anda..

Minumlah obat tekanan darah tinggi secara teratur, jika diresepkan Dokter. Makanlah makanan yang sesuai dan hindari pantangan darah tinggi untuk memperkecil segala resiko yang mungkin terjadi. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasi kan dengan dokter.

Fokuskan pada untuk berat badan yang sehat. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Hal tersebut dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Salah satu cara untuk menentukan apakah Anda perlu menurunkan berat badan adalah untuk mengetahui indeks massa tubuh atau BMI. Jika BMI Anda berada di atas kisaran yang sehat (yaitu, 25 atau lebih besar), atau jika ukuran pinggang Anda lebih besar dari 35 inci (wanita) atau 40 inci (laki-laki) Anda mungkin memiliki berat badan berlebih.

Konsultasikan dengan dokter untuk melihat apakah anda adalah orang dengan risiko tinggi terkena penyakit tekanan darah tinggi dan perlu menurunkan berat badan.

Meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga. Lakukan minimal 30 menit aktivitas moderat, seperti berjalan,dan olahraga kecil lainya. Anda dapat melakukan 30 menit dalam tiga segmen masing masing 10 menit.

Pilih makanan rendah garam dan sodium. Kebanyakan orang harus mengkonsumsi tidak lebih dari 2,4 gram (2.400 miligram) natrium per hari. Itu sama dengan 6 gram, sekitar satu sendok teh garam meja sehari. Untuk seseorang dengan tekanan darah tinggi takaran tersebut mungkin masih terlalu tinggi. Segaralah periksakan diri anda dan konsultasikan dengan dokter.

Baca label nutrisi. Hampir semua makanan kemasan mengandung sodium. Setiap kali Anda mempersiapkan atau makan makanan kemasan, Ketahuilah berapa banyak natrium dalam satu porsi.

Menyimpan natrium harian untuk mengontrol sodium yang anda konsumsi. Anda mungkin akan terkejut melihat betapa banyak sodium yang Anda konsumsi setiap hari dan buku harian (Dyet) akan membantu Anda memutuskan makanan mana yang mungkin dapat di konsumsi, dikurangi atau bahkan tidak untuk di makan.

Menggunakan rempah-rempah dan herbal dalam menghindari garam untuk sajian makanan yang Anda siapkan di rumah.

Makan lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan susu rendah lemak.

Jauhkan diri anda dari minuman beralkohol akan membantu anda dalam mengurangi resiko terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi. Alkohol merupakan pantangan darah tinggi yang utama karena berbahaya bagi kesehatan.

Share