Peran Keluarga Penting Untuk Meningkatkan Pencapaian Akademis Anak

Peran Keluarga Penting Untuk Meningkatkan Pencapaian Akademis AnakAda beragam faktor yang telah berpengaruh besar terhadap keberhasilan akademis seorang anak, salah satunya peran keluarga yang bijak karena memang support orangtua menjadi penentu utama seorang anak bisa mencapai keberhasilan akademis yang optimal. Kurangnya perhatian kedua orangtua jelas menjadi pemicu utama permasalahan akademis di sekolah dan lebih parahnya bisa-bisa menjadi penyebab anak di D.O dari sekolahan. Tentu kalian sebagai orangtua tidak berharap hal tersebut terjadi pada anak kalian bukan? Tentu tidak ingin. Oleh karena itu, berikanlah support setiap keinginan anak jika mengarah ke hal-hal positif dan berikan juga perhatian khusus si buah hati agar kasih sayang Anda kepada anak benar-benar terlihat. Dengan demikian semangat anak untuk meraih kerberhasilan akademis dijamin sukses.

Selain itu, jika peran keluarga ternilai bijak dalam hal pemberian support dan perhatian khusus maka anak semakin rajin untuk bersekolah, memperoleh peringkat kelas tertinggi di sekolah dan semakin jauh dari hal-hal perjudian, kenalan remaja, seks bebas dan pengkonsumsian narkotika. Selaku orangtua, secara pasti Anda harus pahami benar setiap tahapan pendidikan yang telah dilalui anak karena itu semua akan mempengaruhi jalan pikirannya. Apakah perubahan tersebut membawa dampak kebaikan atau membawa dampak keburukan terhadap dirinya? Hal ini tetap bergantung dari support keluarga. disinilah tugas keluarga memang benar-benar dibutuhkan. Tidak hanya orangtua, orang-orang terdekat lainnya seperti nenek, kakek dan saudara lainnya yang harus memberikan support dan perhatian terhadap anak. Dengan demikian, hal ini jelas jadi faktor terbaik untuk mendorong prestasi anak di sekolah.

Ada banyak sekali hal yang dapat kalian terapkan untuk mewujudkan kasih sayang dan kepedulian terhadap anak agar prestasi akademis nya semakin berkembang. Berikut peran keluarga sebagai tanda wujud kasih sayang dan kepedulian terhadap anak :

  • Batasilah waktu anak dalam menontn TV atau bermain games online.
  • Temanilah anak dalam mengerjakan tugas sekolah
  • Pantaulah hasil study anak dari raport sekolah
  • Biasakan anak belajar setiap malamnya, meskipun ia tidak memiliki tugas sekolah
  • Berikan seduhan teh Sariwangi setelah anak mengerjakan tugas karena kandungan teh Sariwangi mampu membuat rileks pikiran anak. Dengan demikian pikiran anak tidak selalu tegang.
Share