Bahaya ngeden bagi kesehatan

Bahaya ngeden bagi kesehatan

Ngeden atau mengejan (memaksa) kerap dikerjakan orang apabila tengah buang air besar (BAB). Namun baiknya janganlah asal-asalan mengejan lantaran dapat mengakibatkan sebagian bahaya ngeden untuk kesehatan.

Kerap mengeden atau mengejan terlampau keras dapat memberi desakan berlebihan pada perut hingga dapat mengakibatkan turunnya sebagian organ yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan bahkan juga bahaya untuk kesehatan badan.

Sebagian disebabkan yang berlangsung apabila Anda terus-terusan mengeden atau mengejan terlampau keras, seperti ditulis About. com serta Livestrong, Selasa (8/2/1/2011), yakni :

1. Wasir (ambeien)
Wasir (ambeien atau haemorrhoid atau pile) yaitu susunan selaput lendir di daerah lubang pelepasan (anus) sebagai lemah serta kendur (inelastic) yang biasanya berlangsung lantaran buang air besar yang tidak teratur serta kerap mengejan.

Oleh karenanya, untuk menghindar penyakit ini umumnya dokter bakal merekomendasikan supaya teratur buang air besar (BAB) serta banyak konsumsi makanan memiliki serat.

2. Hernia (turun berok)
Hernia atau turun berok berlangsung saat otot di selangkangan melemah hingga bisa mengakibatkan usus menonjol di pangkal paha. Sinyal awal umumnya tampak benjolan di daerah selangkangan. Hal semacam ini dapat berlangsung ketika lahir atau berkembang seiiring saat.

Hernia seringkali karena sebab melemahnya otot, namun hal itu dapat juga dipicu oleh sebab-sebab lain seperti kerap atau berkali-kali mengejan ketika buang air besar.

3. Rahim turun
Sistem persalinan atau melahirkan yang susah dapat bikin otot-otot seputar rahim melemah. Atau bersamaan dengan berkurangnya hormon estrogen dengan cara alami, jadi rahim dapat turun ke saluran vagina yang di kenal dengan arti rahim turun.

Rahim turun (prolapsed uterus) seringkali dikarenakan oleh sistem persalinan yang berkali-kali, melemahnya otot panggul, umur, keunggulan berat tubuh, kerap mengangkat beban berat, dan ada peningkatakn desakan dalam perut seperti batuk kritis serta terlampau mengejan disebabkan sembelit waktu buang air besar.

3. Rektum turun (usus besar turun)
Rektum adalah ujung dari usus besar dekat anus. Apabila berlangsung penambahan desakan di perut, jadi rektum dapat turun ke anus yang dimaksud dengan rektum turun atau prolaps rektum. Hal semacam ini umumnya kerap berlangsung sesudah buang air besar saat orang terlampau keras mengejan.

Keadaan ini kerap dirawat dirumah tanpa ada butuh selekasnya dioperasi, namun ada bahaya yang berkenaan dengan prolaps rektum, seperti inkontinensia tinja (ketidakmampuan untuk mengontrol buang air besar), solitary rectal ulcer syndrome (borok atau luka menumpuk di seputar dubur) serta kekurangan gizi.

Panduan Hindari Ngeden

Untuk hindari ngeden atau mengejan jadi upayakan BAB lancar lantaran BAB menolong menyingkirkan bekas makanan yang tercerna serta bahan limbah dari badan.

BAB yang sehat umumnya teratur sehari-hari atau 2 hari sekali. BAB yang sehat itu mesti gampang dikerjakan, tanpa ada mengejan dengan keras atau rasa sakit serta tinja tak bisa memiliki kandungan darah.

BAB yg tidak lancar karena sebab cairan pada badan kering. Mengakibatkan kekuatan usus besar untuk berkontraksi jadi lemah.

Jalan keluar yang simpel supaya BAB lancar pada pagi hari yaitu banyak minum air di siang hari. Lalu minum satu gelas air hangat pada pagi hari. Minuman herbal lidah buaya pada pagi hari dapat juga membuat lancar BAB.

Terkecuali lantaran badan kurang air, BAB yg tidak lancar juga dikarenakan badan kekurangan serat. Praktisi kesehatan merekomendasikan supaya pada siang hari orang semakin banyak konsumsi makanan memiliki serat serta minum air hingga pagi harinya metabolisme badan dapat lancar.

Share